LIMIT - Pendidikan Matematika
No 09 (2009): LIMIT No. 09\Oktober 2009

Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Buluspesantren Tahun Pelajaran 2008/2009

Rr. Dita Octaviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosidengan prestasi belajar matematika dan 2) besar keefektifan kecerdasan emosi untuk meramalkan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri I Buluspesantren Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian dilaksanakan bulanĀ  Maret sampai Agustus 2009. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMPĀ  Negeri I Buluspesantren sebanyak 279 siswa. Pengambilan sampel 239 siswa menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dengan metode tes dan angket. Instrumen penelitian berupa angket tentang kecerdasan emosi yang terdiridari 25 soal. Analisis data menggunakan uji regresi. Pengujian normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas menunjukkan bahwa data tersebut homogen.Dari analisis data diperoleh keefektifan garis regresi sebesar 78% dan koefisien korelasi sebesar 0,66 termasuk dalam kategori cukup.Kata Kunci: kecerdasan emosi, prestasi belajar matematika

Copyrights © 2009