EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2014): EKUIVALEN

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK N 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Prasetyo Budi Darmono, Nikmatul Hasanah, Bambang Priyo Darminto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika pada kelas X semester genap siswa SMK N 1 Sapuran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Sapuran tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 263. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa, ditentukan 20% dari populasi. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Pengambilan data menggunakan angket yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t ekor kanan, ekor kiri. Sebelum data penelitian yang diperoleh dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis variansi yaitu normalitas dengan metode lilliefors dan uji homogenitas dengan metode bartlett dengan taraf signifikansi Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji t. Dari hasil perhitungan uji t dengan derajat kebebasan 51 dengan taraf signifikansi  menunjukan besar harga tobs= 3,401, sehingga diperolehDK={t | t > 2,007 atau   t <-2,007}. Karena hasil tobslebih besar dari ttabel maka H0 ditolak. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikansi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika kelas X semester genap SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2012/2013. Apabila kecerdasan emosional siswa tinggi, maka hasil prestasi belajar matematika baik, dan apabila kecerdasan emosional siswa sedang maka hasil prestasi belajar matematika siswa tersebut sedang, serta apabila kecerdasan emosional siswa rendah maka hasil prestasi belajar matematika kurang baik.   Kata kunci: kecerdasan emosional, matematika

Copyrights © 2014