EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 15, No 2 (2015): EKUIVALEN

KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS V SD/MI DI DESA GADINGREJO KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO

Rahayu, Silvia Ira (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2015

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan keterampilan berhitung matematika siswa kelas V SD/MI di Desa Gadingrejo. Keterampilan berhitung matematika meliputi empat tahap, yaitu prosedur menghitung semua (counting-all), prosedur menghitung pada (counting-on), fakta prosedur diturunkan (direved fact), dan prosedur fakta yang diketahui (known fact). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih cenderung berada pada tahap  counting-on yaitu siswa berhitung menggunakan perpaduan antara pikiran dan jari tangan.   Kata kunci: keterampilan berhitung matematika, counting-all, counting-on, direv-ed fact, known fact

Copyrights © 2015