EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 16, No 1 (2015): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI BERBANTUAN ALAT PERAGA DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 40 PURWOREJO

Supatmi, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Snowball Throwing pada materi segiempat di SMP N 40 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Uji prasyarat analisis untuk uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Bartlett dengan uji Chi Kuadrat. Uji keseimbangan menggunakan uji anava satu jalan sel tak sama. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh tobs = 1.707 > ttabel = 1.645 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa prestasi belajar siswa yang dikenai model TAI berbantuan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai model Snowball Throwing pada materi segiempat.

Copyrights © 2015