EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 24, No 1 (2016): EKUIVALEN

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI DISKUSI MAKE A MATCH

Riyani, Septi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman konsep matematika siswa melalui strategi pembelajaran diskusi make a match di kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo pada materi pokok bangun ruang sisi datar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskripsi persentase.Hasil penelitian ini setelah dilakukan proses pembelajaran melalui diskusi make a match persentase rata-rata keaktifan belajar matematika siswa pada siklus I berdasarkan hasil observasi 61,29% dengan kategori cukup dan pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 78,80% dengan kategori baik. Hasil tes pemahaman konsep pada siklus I menunjukkan 32,25% dari jumlah siswa tuntas KKM dengan rata-rata nilai 65,74 dan rata-rata pemahaman 68,11% meningkat pada siklus II menjadi 76,67% dari jumlah siswa tuntas KKM dengan rata-rata nilai 70,51 dan rata-rata pemahaman konsep 78,67%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci: Make A Match, keaktifan belajar, pemahaman konsep

Copyrights © 2016