EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 29, No 01 (2017): EKUIVALEN

HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Mustakim, Mustakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara: 1) kreativitas dengan kemampuan literasi matematika; 2) kedisiplinan terhadap kemampuan literasi matematika; dan 3) kreativitas dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi matematika Siswa SMP negeri See-Kecamatan Ambal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, tes uraian dan dokumentasi, lembar observasi digunakan untuk mengambil data tentang kreativitas, angket untuk mengambil data tentang kedisiplinan, dan tes uraian digunakan untuk mengambil data tentang kemampuan literasi matematika. Teknis analisis data menggunakan analisis statistika parametrik, yaitu uji prasyarat dan analisis korelasi product momen serta analisis korelasi ganda. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa; 1) terdapat hubungan yang positif antara kreativitas terhadap kemampuan literasi matematikayaitu sebesar  = 0,94 dengan harga signifikan sebesar thitung = 38,819. 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan kemampuan literasi mataematika yaitu sebesar  = 0,95 dengan harga signifikan thitung = 46,50. 3) terdapat hubungan yang positif antara kreativitas dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi matematika yaitu sebesar = 0,96 dengan harga signifikan sebesar Fh = 96,04, maka dapat dikatakan bahwa hubungan kreativitas dan kedisiplinan terhadap kemampuan literasi matematika positif dan signifikan   Kata kunci: kreativitas, kedisiplinan, kemampuan literasi matematika

Copyrights © 2017