EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 30, No 3 (2017): EKUIVALEN

TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF MATEMATIKA SISWA MTS AN NASHIR TIRTAMULYA KELAS VII BERDASARKAN TEORI PIAGET

Hidayati, Nita (Prodi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kesesuaian tahap perkembangan kognitif Piaget terhadap siswa kelas VII di MTs An Nashir Tirtamulya Kabupaten Karawang. Penulis memilih sekolah tersebut karena berada pada level sedang dan kemampuan siswanya heterogen. Subjek dari penelitian ini adalah siswa sebanyak 30 orang dengan usia antara 12 sampai 16 tahun. Penelitian ini menggunakan instrumen Test of Logical Operations (TLO) dalam matematika. TLO telah diuji coba validitas dan reliabilitasnya oleh Leongson & Limjap. TLO terdiri dari 14 soal dan siswa diberi waktu menjawab semua soal selama 45 menit. Penulis menyusun kembali urutan soal-soal tersebut dari mudah hingga sukar agar siswa tidak langsung merasa kesulitan menjawab soal pada permulaan. Berdasarkan asumsi yang telah diutarakan, penulis menyimpulkan bahwa 30 siswa berada pada tahap operasi formal. Keadaan ini sesuai dengan teori perkembangan kognitif Piaget sebagaimana yang diujikan pada anak-anak Barat yang berusia 11 tahun ke atas sudah sampai pada tahap operasi formal. Hasil dari penelitian ini hanya berlaku pada 30 siswa kelas VII MTs An Nashir Tirtamulya yang diberi soal TLO. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di SLTP lainnya pada kelas tiga ke atas untuk mengukur tahap perkembangan kognitif siswa, apakah telah sampai pada tahap operasi formal, sebagaimana yang dijelaskan dalam teori Piaget.

Copyrights © 2017