EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 32, No 1 (2018): EKUIVALEN

DESKRIPSI KARAKTERISTIK PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Masyitoh, Oryzcha Manurra (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Sapti, Mujiyem (Unknown)
Sapti, Mujiyem (Unknown)
Jannah, Mita Hapsari (Unknown)
Jannah, Mita Hapsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penalaran proporsional siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah  30 siswa yang memiliki prestasi matematika tinggi, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 sampai dengan bulan Agustus 2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa kelas VII yang memiliki kategori pemikir proporsional bawah (0-4 karakteristik) berjumlah 5 siswa, 2) siswa yang memiliki kategori pemikir proporsional menengah (5-8 karakteristik) berjumlah 19 siswa, 3) siswa yang memiliki kategori pemikir proporsional tinggi (9-12 karakteristik) berjumlah 6 siswa. Dari 30 siswa yang diteliti ada 1 siswa yang memiliki 12 karakteristik pemikir proporsional.

Copyrights © 2018