EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 33, No 1 (2018): EKUIVALEN

PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEAKTIFAN SISWA SMP

Lestari, Rina Muji (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Sapti, Mujiyem (Unknown)
Jannah, Mita Hapsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2018

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keaktifan siswa kelas VII E SMP N 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dengan model treffinger. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini 32 siswa kelas VII E SMP Negeri 6 Purworejo. Data diperoleh menggunakan metode observasi dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keaktifan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket kepercayaan diri. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri meningkat dari 63,50% dengan predikat cukup pada siklus I, menjadi 75,78% dengan predikat baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan siswa yaitu dari 63,50% dengan predikat cukup pada siklus I, menjadi 76,89% dengan predikat baik pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model treffinger dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keaktifan siswa kelas VII E SMP Negeri 6 Purworejo. Kata kunci: kepercayaan diri, keaktifan siswa, treffinger.

Copyrights © 2018