EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 34, No 1 (2018): EKUIVALEN

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DENGAN ILUSTRASI VISUAL UNTUK SISWA SMP

Taufik, Arohman (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Purwoko, Riawan Yudi (Unknown)
Nugraheni, Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKS yang layak digunakan oleh siswa SMP serta mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan sehingga LKS layak digunakan untuk pembelajaran siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual memenuhi kriteria valid diperoleh dari skor ahli media sebesar 4,08 dan ahli materi 4,60. Memenuhi kriteria kepraktisan diperoleh dari ahli media dan ahli materi menyatakan LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual dapat digunakan tanpa revisi. Memenuhi kriteria keefektifan ditunjukkan persentase ketuntasan belajar sebesar 56,25% dan angket respon siswa berkreteria respon positif. Sehingga dengan adanya LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual diharapkan siswa dapat terbantu dalam menyelesaiakan soal-soal pemecahan masalah.   Kata kunci: LKS, pemecahan masalah, ilustrasi visual.

Copyrights © 2018