ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
Vol 4, No 5 (2014): ADITYA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS GEGURITANDENGAN METODE OBJEK LANGSUNGSISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KEBUMEN

Eva Hapsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2014

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:(1) penerapan metode objek langsung dalam pembelajaran menulis geguritan dan (2) peningkatan keterampilan menulis geguritansiswa kelas X SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desainPTK. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kebumen(32 orang). Objek penelitian ini adalah penerapan objek langsung dan peningkatan keterampilan menulis geguritan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah(1) pe-nerapan metode objek langsung melalui tahap:pemberian contoh geguritan, siswa mengidentifikasi unsur geguritan, siswa melihat objek langsung (benda atau lingkungan sekitar), siswa menulis geguritan sesuai dengan objek yang ditentukan, siswa bertukar karya dan menyunting karya teman, dan siswa memperbaiki penulisan geguritan sesuai dengan saran teman, dan (2) keterampilan menulis geguritansiswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus adalah 59,84 (kategori cukup) dan pada siklus I meningkat sebesar 7,34 menjadi 67,19 (kategori cukup). Pada siklus II, nilai rerata siswa meningkat lagi sebesar 10,31 menjadi 77,50 (kategori baik) dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 93,75%..   Kata kunci: menulis geguritan, metode objek langsung  

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

aditya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ADITYA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media publikasi hasil karya ilmiah. Terbit dua kali setahun tiap bulan November dan Mei. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, budayawan, ...