SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis
No 2 (2008): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s

IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT: STUDI PADA PUSKESMAS DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN SERTIFIKAT ISO 9001;2000

Wijayanti Wijayanti (Muhammadiyah Purworejo University)
Ridwan Baraba (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2008

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya yang ditempuh oleh puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kendala-kendala yang muncul saat TQM diterapkan pada puskesmas. Kualitas yang baik di bidang kesehatan dibuktikan dengan pemberian penghargaan yaitu ISO 9001;2000. ISO 9001: 2000. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan mengandung arti bahwa sarana pelayanan kesehatan dan tenaga profesi kesehatan harus mampu menunjukan akuntabilitas sosial untuk memberikan pelayanan prima kepada konsumen. Penelitian dilakukan di Puskesmas di kabupaten Sleman yang telah mendapatkan sertifikat ISO yaitu Puskesmas    Depok I. Kata kunci: TQM , ISO 9001;2000. ISO 9001: 2000

Copyrights © 2008