SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 15, No 1 (2019): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH MOTIVASI BERUSAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA PADA PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DI KABUPATEN PURWOREJO

Esti Margiyanti Utami (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO)
Ridwan Baraba (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO)
Dedi Runanto (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi berwirausaha terhadap inovasi produk pada pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo, pengaruh inovasi produk terhadap pertumbuhan usaha pada pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo dan pengaruh motivasi berwirausaha terhadap pertumbuhan usaha melalui inovasi pada produk pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh langsung terhadap inovasi produk pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo, inovasi produk berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan usaha pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo, dan inovasi produk tidak mengintervening pengaruh motivasi berwirausaha terhadap pertumbuhan usaha pada pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo Kata kunci : motivasi  berusaha,  inovasi produk,  pertumbuhan usaha

Copyrights © 2019