Jurnal Dikdas
Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS

STUDI KASUS TENTANG RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA IPS KELAS IV SDN NO. 1 WANI KECAMATAN TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA

Sutrayani Yani (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Arif Firmansyah (Unknown)
Rizal Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2015

Abstract

Masalah Pokok yang dianalisis dalam penelitian ini adalah: apakah faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap rendahnya hasil belajar Siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV di SDN No. 1 Wani Kec. Tanantovea?. Penelitian ini dilakukan di Kelas IV yang berjumlah 31 siswa dan diantaranya 7 siswa yang tidak tuntas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan secara menyeluruh data yang didapat selama proses penelitian. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa dilihat dari 2 segi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal ada 2 yaitu faktor minat dan faktor bakat sedangkan faktor eksternal dilihat dari aspek lingkungan sekolah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dari faktor internal dikatakan masih rendah minat dan bakatĀ  siswa, yang artinya aspek minat dan bakat merupakan faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa sedangkan faktor eksternal lingkungan sekolah bukan merupakan faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...