Jurnal Dikdas
Vol 2, No 2 (2014)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VI DI SDN 1 KALUKUBULA

Sriwahyuni B. Ladaka, B. Ladaka (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Mestawaty Ahmad (Universitas Tadulako)
Musdalifah Nurdin (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keseimbangan ekosistem dikelas VI SDN 01 Kalukubula. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengikuti model Kemmis dan Mc Taggar yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus melalui 4 tahap yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi, dan 4) Refleksi. Jenis data diperoleh dari  observasi data aktifitas guru dan observasi aktifitas siswa. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil siklus I  diperoleh hasil belajar klasiskal berada pada kategori sedang yaitu 48,38%, aktivitas  siswa berada pada kategori sedang yaitu 35,71% pertemuan pertama dan 60,71% pada pertemuan kedua berada pada kategori baik, sedang aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu 67,85% pada pertemuan pertama berada pada kategori baik dan 92,85% pada pertemuan kedua berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar siswa Siklus II diperoleh aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik yaitu 75% pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua berada pada katgori sangat baik, sedang aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 92,85% pada pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan indikator kinerja keberhasilan penelitian ini maka dapat disimpulkan dengan pendekatan sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI  di SDN 1 Kalukubula. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sains Teknologi Masyarakat.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...