Jurnal Dikdas
Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS

PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 PALU

Huber Yaspin Tandi (Unknown)
Zul Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah  untuk melihat Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh  kedisiplinan terhadap perolehan  hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Palu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 orang siswa, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara  dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan t-score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 40 siswa kelas IV SDN 2 Palu ada 35 orang siswa atau 87,5 %  memiliki kedisiplinan yang tinggi dan 5 orang siswa atau 12,5 % memiliki kedisiplinan yang rendah. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan t-score diperoleh nilai   ini dikonsultasikan ke  dengan jumlah sampel penelitian 40 dan taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka diperoleh nilai  yaitu 1,684. Sehingga < atau 0,106907007<1,684.  berdasarkan kelaziman data penelitian kuantitatif, jika <  maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa Ha yang diajukan dalam penelitian ini ditolak, dan Ho diterima atau dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas IV  SDN 2 Palu.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...