EDU CIVIC
Vol 1, No 1 (2013): JURNAL EDU-CIVIC

Studi Tengtang Kreatifitas Siswa dalam Pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Ogodeide Kecamatan. Ogodeide Kabupaten. Tolitoli

Harianto, Harianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2013

Abstract

Tujuan penelitian   ini adalah mendeskripsikan persepsi siswa tentang kreatifitas dan bentuk-bentuk kreatifitas siswa dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Ogodeide Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif   yaitu   analisis   yang   menjawab   masalah   penelitian   dalam   bentuk deskripsi. Teknik yang digunakan untuk menganalisa data yaitu secara deskriptif kualitatif yang mengacu pada Sugiono (2004:43 )2 seperti reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui opservasi, angket dan wawncara. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Ogodeide Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli yang berjumlah 55 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi siswa tentang kreatifitas siswa dan bentuk-bentuk kreatifitas dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Ogodeide  Kecamatan  Ogodeide  Kabupaten  Tolitoli  sangat  baik  dilihat  dari kegiatan siswa   di dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu yang sangat tinggi yang menjadi modal awal bagi siswa untuk berfikir kreatif  dan faktor lingkungan sekitar siswa serta lingkunga sekolah yang juga sangat mendukung, ditambah lagi dengan motivasi yang diberikan oleh guru dan orang tua sehinga kreatifitas siwa di SMP Negeri 1 Ogodeide Kecamatan Ogodeide Kabupan Tolitoli menurut hasil penelitian ini sangat memberikan manfaat  dilihat  dari  keberaniaan  siswa  untuk  bertanya  dan  menyampaikan pendapt.     Kata Kunci: Kreatifitas Siswa, Pembelajaran PKn.      

Copyrights © 2013