Permasalahan pada penelitian ini adalah tingkat keberhasilan dalam membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Sigi melalui penerapan peta pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam membaca pemahaman siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Sigi melalui penerapan peta pikiran. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen. nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah memberikan teks bacaan, penerapan peta pikiran dengan cara mengajarkan menggunakan peta pikiran, selanjutnya diberi tes isian untuk uji pemahaman, serta daftar pertanyaan untuk mengetahui respon siswa terhadap peta pikiran. Pengumpulan datanya ditampilkan dalam bentuk tabel. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji normalitas data dan uji hipotesis dalam program SPSS versi 17. Dari analisis statistik deskrtiptif diketahui rata-rata nilai pretes kelompok kontrol 65,67 dan kelompok eksperimen 65,38 dengan masing-masing kategori cukup. Setelah diterapkan peta pikiran pada kelompok eksperimen maka nilai rata-rata posttest meningkat 78,75 sedangkan kelas kontrol yang tidak ada perlakuan meskipun nilai rata-rata posttest (68,00) juga meningkat, namun memiliki selisih yang cukup jauh dari kelas eksperimen yaitu 10,75. Selanjutnya, hasil uji regresi linear sederhana dalam menguji hipotesis juga membuktikan bahwa peta pikiran dapat diterapkan dengan baik dalam membaca pemahaman, dengan hasil t-hitung>t-tabel, atau 5,935 > 1,771 dan Sig.t < α, atau 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat tingkat keberhasilan dalam membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Sigi melalui penerapan peta pikiran. Respon positif terhadap peta pikiran juga dinyatakan oleh siswa melalui 94,19 jawaban “Ya†atas pertanyaan mengenai peta pikiran. Kata Kunci: Peta Pikiran; Membaca Pemahaman
Copyrights © 2016