BAHASANTODEA
Vol 4, No 3 (2016)

EXPLORING TEACHERS’ PERCEPTION ON THEIR PARTICIPATION PARTICIPATION IN SUBJECT MATTER TEACHER GROUP

Rahman, Abdul (Unknown)
Basri, Hasan (Unknown)
Marhum, Mochtar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2016

Abstract

Mengeksplorasi Persepsi Guru terhadap Keikutsertaan Mereka dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan kompetensi guru seperti memfasilitasi forum MGMP. Akan tetapi, hanya sedikit penelitian dilakukan dalam mengkaji dampak partisipasi guru terhadap kompetensi guru, pembelajaran dan capaian siswa. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi guru yang ikut dalam MGMP di kota Palu. Untuk melakukannya, delapan sampel terdiri dari enam guru, satu kepala sekolah dan satu ketua MGMP dipilih. Penelitian kualitatif ini menggunakan fenomenologi sebagai dasar pendekatan penelitian. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan interview semi terstruktur secara mendalam untuk mengkaji lebih jauh persepsi guru. Penelitian ini mengindikasikan bahwa partisipan menganggap partisipasi mereka di MGMP berpengaruh besar terhadap kompetensi mereka, terutama kompetensi profesional. Sebagai akibatnya, mereka menganggap bahwa pengajaran mereka lebih baik daripada sebelum mengikuti MGMP dan kemajuan tersebut berpengaruh positif terhadap motivasi siswa dalam proses belajar. Akan tetapi, partisipan mempercayai bahwa partisipasi mereka tidak berdampak terhadap hasil belajar siswa

Copyrights © 2016