PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2012: SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2012

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN MATERI EKSPONEN KELAS X

Dwi Sulistyaningsih (Unknown)
Iswahyudi Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2012

Abstract

Topik eksponen mempunyai posisi yang strategis untuk menumbuh kembangkankemampuan nalar siswa dan dapat dipandang sebagai suatu latihan untuk menata nalarsiswa. Kondisi hasil belajar matematika materi eksponen selama 2 tahun pada SMA TeukuUmar kelas X menunjukkan selalu berada dibawah nilai ketuntasan. Kondisi ini akan diatasimelalui implementasi Metode Jigsaw berbantuan CD pembelajaran. Tujuan penelitian iniadalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaranmatematika materi Eksponen dengan metode Jigsaw berbantuan CD Pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Observasi dan pengumpulan data dari kondisiawal kelas merupakan langkah awal sebelum dilakukan tindakan selanjutnya. Rangkaianpenelitian ini berbentuk Randoms Siclus, sebanyak 2 (dua) siklus dengan tahapan masingmasingsiklus : Perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan tindakan serta refleksi. Hasilobservasi awal siklus 1 diperoleh data dari 39 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya28,2 %. Keaktifan siswa meningkat pada siklus pertama berdasarkan indikator-indikatorpengamatan sebesar sebesar 9,8 point naik dari 62,4 pada kondisi awal menjadi 72,2 padasiklus 1. Keaktifan siswa meningkat pada siklus kedua berdasarkan indikator-indikatorpengamatan sebesar sebesar 9.1 point naik dari 72,2 pada siklus pertama menjadi 81.3 padasiklus 2.

Copyrights © 2012