PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2017: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi

PENGARUH KONDISI LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 11 SEMARANG (DESKRIPTIF KUALITATIF)

Kunnti Afifah (Unknown)
Andari Puji Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Laboratorium adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan praktikum, penelitian, teknologi baru yang menunjang proses belajar dan mengajar untuk pelayanan pada masayarakat. Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Sains sebagai suatu proses ilmiah mempunyai arti bahwa untuk memperoleh pengetahuan tentang alam semesta diperlukan suatu proses yang harus diajalani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi laboratorium terhadap keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 11 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA negeri 11 Semarang dengan menggunakan pendekatan penelitian kulitatif. Teknik pengambilan data dengan cara menggunakan metode triangulasi data yaitu observasi, wawancara dan kuisioner (angket). Subjek penelitian ini adalah pengelola laboratorium, guru, dan siswa kelas XII MIPA 5 dan XII MIPA 6 SMA Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diambil dari penelitian ini adalah 1) Standarisasi laboratorium kimia dan 2) Kegiatan di Laboratorium. Kata Kunci :  Laboratorium, Keterampilan Proses Sains Siswa

Copyrights © 2017