Buletin Studi Ekonomi
VOL.21.NO.1.FEBRUARI.2016 (PP 1-114)

PERAN KOMITMEN ORGANISASIONAL MEMEDIASI HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN KUALITAS LAYANAN DI HOTEL JIMBARWANA

I Komang Dwinda Murjana (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)
Ketut Rahyuda (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)
I Gede Riana (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2016

Abstract

Kualitas Layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komitmen organisasional sebagaipemediasi pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas layanan. Penelitian ini dilakukan di Hotel Jimbarwanadengan menggunakan sampel jenuh yaitu 35 orang karyawan. Data dikumpulkan dengan melakukaninterview dan penyebaran kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis denganmenggunakan analisis deskriptif dan analisis Partial Least Square. Hasil penelitian ini menyimpulkanbahwa kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional dan kualitas layanan, namun komitmen organisasional ditemukan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitaslayanan. Ditemukan pula bahwa komitmen organisasional tidak memediasi pengaruh kepuasan kerjaterhadap kualitas layanan. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja menjadi prediktorutama dari kualitas layanan. Kepuasan kerja berpengaruh tidak langsung dan tidak signifikan terhadapkualitas layanan melalui komitmen organisasional. Kata kunci : kepuasan kerja, komitmen organisasional, dan kualitas layanan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

bse

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Buletin Studi Ekonomi diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang ekonomi. ISSN ...