Autisme merupakan gangguan perkembangan berupa gangguan bahasa, komunikasi, perilaku dan interaksi sosial. Ada beberapa terapi yang dapat disarankan untuk mengatasi autisme antara lain adalah terapi visual. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh dan perbedaan antara anak autisme yang diberi dan tidak diberi terapi PEC. Rancangan penelitian adalahpre post test control group. Responden dibagi menjadi 2 kelompok dengan pembagian 8 responden sebagai kelompok intervensi terapi visual teknik PEC, dan 7 responden kelompok kontrol. Intervensi dilakukan setiap 1 minggutiga kali yaitu hari Senin, Rabu, Jumat dengan waktu 20-30 selama 2 bulan. Analisis data yang digunakanyaitupaired t-test design dan un-paired t-test (independent t-test). Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dan perbedaan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif sebelum dan sesudah dilakukan terapi visual PEC pada anak autisme di SD Purba Adhi Suta Purbalingga.
Copyrights © 2014