PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2012: SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2012

RANCANG BANGUN CATALYTIC CONVERTER MATERIAL SUBSTRAT TEMBAGA BERLAPIS MANGAN UNTUK MEREDUKSI EMISI GAS KARBON MONOKSIDA MOTOR BENSIN

RM. Bagus Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2012

Abstract

Untuk mengurangi polusi udara yang mengandung toksisitas dari mesin pembakar internaldigunakan perlengkapan piranti / alat yang disebut Catalytic Converter. Alat ini telah digunakan diUSA sejak 1975 karena peraturan Envoronmental Protection Agency (EPA) yang semakin ketattentang gas buang kendaraan bermotor. Alat ini mengkonversi senyawa-senyawa toksit dalam gasbuang menjadi zat-zat yang kurang toksit atau tidak toksit. (Jenbacher, 1996).Namum demikian harga alat tersebut masih sangat mahal di pasaran dan tidak semua kendaranbermotor menggunakan teknologi tersebut. Hal ini disebabkan oleh pemakaian katalis yang terbuatdari bahan logam mulia yang mahal dan jarang didapatkan dipasaran seperti Paladium, Platinum, danRodium. Katalis tersebut sangat rentan terhadap unsur timbal (Pb) dalam bahan bakar yang berakibatdapat merusak fungsi katalis karena akan terjadi penyumbatan pada honeycomb Catalytic Converter.Catalytic converter merupakan salah satu alternatif teknologi yang dapat digunakan untukmenurunkan polutan dari emisi kendaraan bermotor,khususnya untuk motor berbahan bakar bensin(Heisler, 1995). Catalityc converter berfungsi untuk mempercepat oksidasi emisi Hidrokarbon (HC)dan Carbon Monoksida (CO), serta mereduksi Nitrogen Oksida (NOx).Penelitian ini bertujuan untuk rancang disain dan rancang bangun Catalytic Converter sertamengetahui karakteristik bahan Katalis, yang pada akhirnya dapat mengurangi polutan KarbonMonoksida pada emisi gas buang dengan penambahan lapisan Mangan pada Tembaga.

Copyrights © 2012