Salah satu penyebab polusi udara di Indonesia adalah emisi gas buang kendaraan bermotor terutama di kota-kota besar. Salah satu dampak polusi udara bagi manusia adalah timbulnya penyakit terutama penyakit pada pernafasan. Karbon monoksida sendiri selain dapat menimbulkan dampak pencemaran juga dapat berdampak pada kesehatan manusiaseperti menimbulkan penyakit jantung dan gangguan pernafasan. Salah satu cara untuk mengurangi pengeluaran gas seperti CO pada kendaraan bermotor adalah dengan mengurangi kadar gas emisi yang ada pada knalpot dengan membuat adsorban pada knalpot. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui campuran antara arang batok kelapa dan bubur kertas dapat digunakan sebagai penyaring emisi gas pada sepeda motor yang berbahaya dari karbon monooksida. Gas buang pada sepeda motor sebelum dan sesudah penyaringan oleh campuran arang batok kelapa dapat efektif bekerja dalam mengabsorben carbon. Metode penelitian menggunakan variable bebas yaitu volume arang yang bervariasi (tebal 2cm,tebal 3cm, tebal 4cm, dan tebal 5cm), knalpot motor (2 tak dan 4 tak). Variable terikat dengan menguji emisi gas (CO dan CO2). Hasil yang didapatkan ukuran tebal briket arang batok kelapa yang paling efektif untuk absorben gas buang pada sepeda motor adalah briket arang dengan tebal 5 cm. Terjadi penurunan emisi gas karbonmonoksida (CO) yaitu pada motor 2 tak sebesar 42,30%, motor 4 tak sebesar 52,61%, dan pada motor Injeksi sebesar 40% dengan tebal absorban 5 cm. penambahan absorban dengan tebal 5cm dapat menurunkan emisi kadar gas karbondioksida (CO2) sebesar 49,50% pada motor 2 tak, padamotor 4 tak terjadi penurunan sebesar 56,19% dan pada motor Injeksi sebesar 32,28%.Sementara gas buang pada sepeda motor honda injection keluaran tahun pembuatan 2015 memiliki hasil emisi CO2 paling rendah dibanding motor yang lain.Kata Kunci: Absorban, Batok Kelapa, Bubur Kertas, Emisi Gas Buang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017