Akuntansi pendidikan memberikan arti penting dalam menjamin akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan dari lembaga atau organisasi pendidikan. Berdasarkan rumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti apakah terdapat perbedaan persepsi antara penyelenggara sekolah (internal stakeholder) dengan eksternal stakeholder mengenai tingkat kepentingan penyajian laporan keuangan demi terwujudnya good governance pada instansi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi antara penyelenggara sekolah (internal stakeholder) me-ngenai tingkat kepentingan penyajian laporan keuangan demi terwujudnya good governance pada instansi pendidikan tidak berbeda secara signifikan dengan persepsi para eksternal stakeholder. Hal ini telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test menunjukkan hipotesis diterima.àAbstract Educational accounting is important for ensuring the accountability of teaching and learning process in educational institutions. Based on the problems that come up, this study aims for having empirical evidence. It is whether there is a different perception between the internal stakeholders and the external stakeholders. The perception concerns with the importance of financial statements presentation for the realization of good governance in educational institutions. The results show that àthe perceptions of internal stakeholders and external stakeholder are not different significantly. It has been proven that the hypothesis tested by the Wilcoxon Rank Test is accepted.Keywords: annual report; internal stakeholders; eksternal stakeholders
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2009