Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol 7, No 2 (2012)

DETERMINAN STATUS GIZI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Pahlev, Andriani Elisa ( Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Indarjo, Sofwan ( Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2014

Abstract

Gizi buruk masih merupakan isu sentral. Ada berbagai faktor yang menyebabkan masalah  ini menjadi   sangat kompleks. Tujuan dari penelitian untuk menentukan  faktor  yang  berhubungan  dengan  status  gizi  pada  anak-anak  kelas 4, 5, dan 6 di Sekolah Dasar 02 Ngesrep Banyumanik, Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan belah  lintang. Populasi  sebanyak 64  siswa. Teknik sampling  purposif  digunakan  untuk  memperoleh  sampel  62  orang.  Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan data status gizi (W/A) dilakukan dengan pengukuran antropometri. Analisis data dilakukan univariat dan bivariat  (menggunakan uji  chi  square). Faktor yang berhubungan dengan  status gizi adalah  tingkat pengetahuan  ibu (p=0,0001), pendidikan  ibu  (p=0,0001), pendapatan keluarga  (p=0,0001), penyakit menular  (p=0,001),  tingkat  konsumsi  energi  (p=0,0001),  tingkat  konsumsi protein (p=0,0001). Faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan status gizi adalah jumlah anggota keluarga (p=0,074).   Abstract   Malnutrition has been still a central  issue. Some  factors cause become complex. This  study analiyzed  the determinants of nutritional  status at 4th, 5th, and 6th grade  students of    Elementary  School  02 Ngesrep,  Banyumanik,  Semarang.  It was a cross-sectional study. Purposive sampling was applied and taken on 62 students of the 64 population students. Data was colected by interviewing, observing, and documentation. Nutritional status was measured by anthropometry method (BB/U). Chi Square Test was used to analyze the data. Mother’s knowledge level (p=0,0001), mother’s education level (p=0,0001), family income (p=0,0001), communicable diseases (p=0,001), energy consumption level (p=0,0001), and protein consumption  level  (p=0,0001)  had  significant  association  to  nutritional  status. There was no association between  the number  of  family and nutritional  status (p=0,074). Keywords:Nutritional status; Elementary school student

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

kemas

Publisher

Subject

Public Health

Description

KEMAS Journal: Research Study in Public Health publishes the article based on research or equivalent to research results in public health or other disciplines related to public health that has not been loaded/published by other media. The journal contains articles about epidemiology and ...