Gizi buruk masih merupakan isu sentral. Ada berbagai faktor yang menyebabkan masalahà ini menjadiàà sangat kompleks. Tujuan dari penelitian untuk menentukanà faktorà yangà berhubunganà denganà statusà gizià padaà anak-anakà kelas 4, 5, dan 6 di Sekolah Dasar 02 Ngesrep Banyumanik, Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan belahà lintang. Populasià sebanyak 64à siswa. Teknik samplingà purposifà digunakanà untukà memperolehà sampelà 62à orang.à Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan data status gizi (W/A) dilakukan dengan pengukuran antropometri. Analisis data dilakukan univariat dan bivariatà (menggunakan ujià chià square). Faktor yang berhubungan denganà status gizi adalahà tingkat pengetahuanà ibu (p=0,0001), pendidikanà ibuà (p=0,0001), pendapatan keluargaà (p=0,0001), penyakit menularà (p=0,001),à tingkatà konsumsià energià (p=0,0001),à tingkatà konsumsi protein (p=0,0001). Faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan status gizi adalah jumlah anggota keluarga (p=0,074). à Abstract à Malnutrition has been still a centralà issue. Some àfactors cause become complex. Thisà study analiyzedà the determinants of nutritionalà status at 4th, 5th, and 6th gradeà students ofààà Elementaryà Schoolà 02 Ngesrep,à Banyumanik,à Semarang.à It was a cross-sectional study. Purposive sampling was applied and taken on 62 students of the 64 population students. Data was colected by interviewing, observing, and documentation. Nutritional status was measured by anthropometry method (BB/U). Chi Square Test was used to analyze the data. Motherââ¬â¢s knowledge level (p=0,0001), motherââ¬â¢s education level (p=0,0001), family income (p=0,0001), communicable diseases (p=0,001), energy consumption level (p=0,0001), and protein consumptionà levelà (p=0,0001)à hadà significantà associationà toà nutritionalà status. There was no association betweenà the numberà ofà family and nutritionalà status (p=0,074).àKeywords:Nutritional status; Elementary school student
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012