Tujuan studi ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif sebagai dampak penerapan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran sebagian besar hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif meningkat kategori sedang. Hal ini diindikasikan oleh rata-rata skor gain yang dinormalisasi <g> hasil belajar kognitif dan <g> keterampilan berpikir kreatif meningkat sebesar 0,44. Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa model SCL fisika berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif.àThis study propose to determine the increasing of concept masteryââ¬â¢s and creative thinking skillsââ¬â¢s students impact to application of learning model. The result showed that the application of learning model enhance the most of concept masteryââ¬â¢s and creative thinking skillsââ¬â¢s moderately category of medium. This is indicated by the score mean gain normalization <g> concept mastery and <g> of creative thinking skills is about 0,44. These results indicate that the SCL based learning is one of the most effective learning models to be used in order to rise concept masteryââ¬â¢s and creative thinking skillsââ¬â¢s.
Copyrights © 2013