Kualitas produk merupaksn faktor yang vital dalam  menciptakan superior value  untuk pelanggan.  Terciptanya superior value  bagi pelanggon tersebut  pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja pasar perusahaan.  Penelitian terdahulu di bidang  pemasaran dan  manajemen menekankan  bahwa  dalam  proses  pengembangan produk, kegiatan untuk  meraih  tujuan  perusahaan  yang  berhubungan  dengan  kualitas  produk didasarkan  pada pengelolaan  interaksi  antar  departemen  dalam  perusahaan. Penelitian ini secara khusus  meneliti pengaruh interaksi antar  departemen  terhadap kualitas produk dalam industri jasa perbankan,  kemudian meneliti pengaruh kualitas produk  terhadap  kinerja pasar  perusahaan.  Kualitas  produk  dalam  lndustri  jasa disebut  sebagai kualitas  layanan.  Sementara  itu pengamatan  terhadap  kinerja pasar perusahaan  dalam  penelitian  ini  difokuskan  kepada  pertumbuhan  pelanggan. Penelitian ini juga menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi interaksi antar departemen.  Variabel-variabel yang dipaudang berpengaruh terhadap  interaksi antardepartemen  adalah  keterlibatan  manajer,  kerjasama dalam perencanaan  strategikmengenai kualitas  dan sistem  organisasi.  Industri  yang  dijadikan obyek  penelitian adalah industri perbankan di Kota Semarang.
Copyrights © 2002