Inti  dari  kegiatan pemasaran  adalah  pertukaran  (exchange)  berdasarkan  pengertian bahwa  pemasaran  merupakan  kegiatan  ekonomis  dan  pemrakarsa  pemasaran  adalah pemasar. Pertukaran merupakan gabungan aksi dan reaksi dari perusahaan dan relasinya. Dari  konteks ini selanjutnya konsep  pertukaran  tidak  hanya ditinjau  dari  aspek  ekonomi saja  tetapi  lebih  jauh  lagi  daput  dianalisis faktor-faktor yang  mempengaruhinya yaitu faktor lingkungan,  kesesuaian tujuan,  kepercayaan dan komitmen tehadap pertukaran yang diinginkan. Selanjutnya penelitian ini juga menganalisis pengaruh pertukaran  kerjasama terhadap kinerja kemampulabaan sehingga dapat  dicapai peningkatan pendapatan, keuntungan  dan  daya saing  perusahaan.Model penelitian yang dikembangkan  dalam penelitian  ini  terdiri  atas  enam  variabel yaitu faktor  lingkungan,  kesesuaian  tujuan, kepercayaan, komitmen, pertukaran kerjasama, serta kinerja  kemampulabaan, dengan  lima hipotesis yang  diuji.
Copyrights © 2002