Dinamika Pendidikan
Vol 2, No 3 (2007)

Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Sma Negeri Se Kabupaten Kebumen

Margunani, - (Unknown)
Fatimah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2011

Abstract

Pengelolaan kelas yang efektif adalah syarat bagi terciptanya pengajaran yang efektif, yang bertujuan mencapai tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Keterampilan pengelolaan kelas yang baik seharusnya memberikan pengaruh yang baik pula terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang penulis angkat adalah bagaimanakah keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri se Kabupaten Kebumen. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu keterampilan guru dalam pengelolaan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode wawancara sebagai pendukung kelengkapan dan klarifikasi data, sedang metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan guru pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri se Kabupaten Kebumen sudah menunjukkan kompetensi pengelolaan kelas. Guru mampu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal, serta mampu mengembangkan kondisi belajar yang optimal. Kata Kunci: Keterampilan Pengelolaan Kelas, Mata Pelajaran Akuntansi

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

DP

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi ...