Untuk  dapat bertahan dalam persaingan  bisnis,  perusahaan  harus mampu menciptakan inovasi strategi  yang memiliki keunggulan yang kompetitif (Advantage competitive).  Untuk itu dibutuhkan perencana strategik yang dapat mengembangkan imaginasi pemikiran yang kreatif dalam prosedur  penerapan  strategi pemasaran perusahaan.  Dalam tulisan ini, peneliti  berusaha mengembangkan  konsep pemikiran mengenai:  (1) Pengembangan faktor pendorong  kreatifitas program pemasaran,  (2) Model persamaan  structural  kreatifitas program pemasaran yang integratif. Pengujian model dilakukan dengan menggunakan data lebih dari 100  responden yang terdiri dari manager dan officer yang berkompetensi dalam pengambilan  keputusan di bidang jasa perbankan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan faktor pendorong  kreatifitas (motivasi internal, penghargaan,  lingkungan kerja, masukan pemecahan  masalah)  mempunyai  pengaruh  positif  terhadap  peningkatan  kreatifitas program pemasaran, sedangkan kesediaan mengambil resiko berpengaruh negatifterhadap kreatifitas program pemasaran.  Peneliti juga  menemukan  bahwa  kreatifitas program pemasaran yang dihasilkan mampu meningkatkan kinerja pemasaran
Copyrights © 2002