Kurikulum Berbasis Kompetensi lebih menekankan pembentukan ÃÂ kompetensi secaraÃÂ utuh bukan hanya aspek kognisi ÃÂ tetapi ÃÂ juga psikomotor dan afeksi. Namun demikian diÃÂ lapangan guru masih cenderung mengejar target pencapaian materi ajar, sebagai akibatnyaÃÂ pembentukan kompetensi ÃÂ tidak ÃÂ terbentuk ÃÂ secara maksimal. Penelitian ÃÂ ini ÃÂ bertujuanÃÂ memaksimalkan ÃÂ kompetensi ÃÂ siswa ÃÂ dalam ÃÂ bidang Kimia ÃÂ siswa ÃÂ kelas X SMA ÃÂ denganÃÂ pembelajaran ÃÂ yang menerapkan ÃÂ penelitian ÃÂ sederhana. Subyek ÃÂ penelitian ÃÂ adalah ÃÂ siswaÃÂ Kelas X-10 SMA 3 Semarang yang termasuk favorit di Semarang dengan masukan siswaÃÂ yang rerata nilai ujian nasionalnya termasuk amat baik. Pendekatan penelitian yang dipilihÃÂ adalah ÃÂ penelitian ÃÂ tindakan ÃÂ kelas ÃÂ dengan ÃÂ pertimbangan ÃÂ penelitian ÃÂ ini ÃÂ akan memperolehÃÂ data proses dan sekaligus produk pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus,ÃÂ dengan setiap siklus selalu berisi kegiatan perencanaan, tindakan, Observasi dan Evaluasi-Refl eksi. Hasil penelitian menunjukkan ÃÂ rerata aspek kognisi sebesar 76, 04 melebihi targetÃÂ 75. Aspek keterampilan sebesar 75 adalah sama dengan target, sementara aspek afeksiÃÂ dengan rearata 53,74 termasuk kategori baik. Dari segi kreativitas juga muncul adanya ideÃÂ atau gagasan baru yaitu penggunaan kertas buram sebagai pengganti ÃÂ kertas saring untukÃÂ pemisahan komponen warna daun. Dengan penelitian sederhana siswa lebih aktif belajarÃÂ dan mereka menggunakan sumber belajar yang lebih bervariasi.Kata Kunci: kompetensi, penelitian sederhana
Copyrights © 2008