Kepuasan pelanggan telah menjadi begitu penting, sehingga banyak perbankan yang mempertimbangkannya  sebagai  elemen  penting  dalam  strategi  pemasaran  mereka. Kepuasan  pelanggan sering dilukiskan  sebagai dasar dari sukses  di persaingan yang ketat dunia bisnis saat ini.  Penelitian ini mengajukan model pemikiran strategik mengenai faktor faktor  yang  menentukan  kepuasan   pelanggan  dan  pengaruhnya  terhadap  loyalitas pelanggan  bank syariah.  Jumlah  sampel  120 orang  nasabah  bank syariah  di Jawa  Tengah dan  0.1.  Yogyakarta.  Data  dianalisis dengan  menggunakan  Structural Equation  Modeling (SEM). Penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan  bank  syariah  yang  akan  berdampak  langsung  pada  loyalitas  pelanggan. Pertama,  melalui peningkatan  kualitas  layanan;  kedua,  melalui  fitur  layanan  yang  lebih menarik;  ketiga,  melalui penanganan keluhan  pelanggan  yang  lebih  baik.  Dari ketiga cara ini, penanganan  keluhan  pelanggan yang  lebih baik mempunyai pengaruh  terbesar dalam meningkatkan kepuasan pelanggan  bank syariah.
Copyrights © 2006