Sebagian àsiswa SMA Negeri à1 àTemanggung merasa àkesulitan memahamiàmateri kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hal ini dapat diatasi apabila guru menerapkanàmodel pembelajaran learning Cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhàpenggunaan model learning Cycle terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasanàkelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA semesterà2 SMA Negeri à1 àTemanggung àtahun àajaran à2007/2008 àyang àberjumlah à143 àsiswa.àPengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelasàXI àIPA-4 àyang àberjumlah à36 àsiswa àsebagai àkelas àeksperimen àyang àpembelajarannyaàmenggunakan model Learning Cycle dan kelas XI IPA-3 yang berjumlah 36 siswa sebagaiàkelas control. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa nilai post test rata-rataàkelompok àeksperimen à73,79 àdan àkelas àkontrol à65,28. Pengujian àterhadap àhipotesisàdiperoleh harga r11 = 0,53 dan àSE r11 x 1,961 = 0,30. Oleh karena harga r11 > SE r11 x 1,961àdapat àdisimpulkan bahwa ada àpengaruh penggunaan model àLearning àCycle àterhadapàhasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Temanggung pada pokok materi kelarutan danàhasil àkali àkelarutan àtahun àajaran à2007/ à2008. Berdasarkan hasil àperhitungan koefi sienàdeterminasi diperoleh pengaruh sebesar 28,38%.Kata Kunci: model learning cycle
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2008