Dinamika Pendidikan
Vol 1, No 2 (2006): December 2006

PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI KABUPATEN REMBANG

Widodo, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2011

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMAN Kabupaten Rembang?, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pemberian bantuan remedial teaching pada mata pelajaran Akuntansi di SMAN Kabupaten Rembang?, (3) Bagaimanakah evaluasi dan tindak lanjut remedial teaching pada mata pelajaran Akuntansi di SMAN Kabupaten Rembang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran Akuntansi kelas XI SMAN se-Kabupaten Rembang yang berjumlah 12 orang. Peneliti juga mengambil 100 sampel siswa kelas XI SMAN se-Kabupaten Rembang untuk mendukung data sub variabel diagnosis kesulitan belajar siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan remedial teaching yang terbagi menjadi beberapa sub variabel yaitu, diagnosis kesulitan belajar, pelaksanaan pemberian bantuan remedial , evaluasi dan tindak lanjut remedial teaching. Data diambil dengan teknik koesioner dan wawancara, dan dianalisis menggunakan deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan remedial teaching pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI di SMAN se-Kabupaten Rembang dalam kategori cukup baik. Berkaitan dengan metode dalam pembelajaran remedial, guru perlu menggunakan metode yang bervariasi yang sesuai untuk mata pelajaran Akuntansi. Sekolah perlu menambah fasilitas dan media belajar Akuntansi yang cukup sehingga dapat dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran. Perlu juga penambahan jumlah buku Akuntansi di perpustakaan-perpustakaan SMAN Kabupaten Rembang, sehingga kebutuhan siswa akan buku pelajaran Akuntansi dapat terpenuhi. Selain itu guru secara rutin memberikan remedial teaching pada siswa yang nilainya belum mencapai standar kompetensi. Kata Kunci: Remedial teaching

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

DP

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi ...