Aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan yaitu kurikulum, sarana dan prasarana, guru, siswa dan metode. Salah satu metode yang dimaksud adalah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Tujuan dari penelitianà ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar kimia hidrokarbon. Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung sebesar 5,539. ttabel=1,66 pada taraf kesalahan 5% dengan dk=87. Jadi thitung > ttabelà yang berartià adaà perbedaanà yangà signifi kanà yaituà nilaià rata-rataà kelompokà eksperimenà lebih besar daripada kelompok kontrol. Pengaruh positif yang diberikan oleh penggunaan model pembelajaran NHT mungkinà disebabkanà adanyaà variasià pembelajaranà sehinggaà dapat menimbulkan ketertarikan, minat dan motivasi pada siswa. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar kimia hidrokarbon.àKata Kunci: model pembelajaran numbered heads together
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2008