Aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan yaitu kurikulum, sarana dan prasarana, guru, siswa dan metode. Salah satu metode yang dimaksud adalah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Tujuan dari penelitianÃÂ ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar kimia hidrokarbon. Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung sebesar 5,539. ttabel=1,66 pada taraf kesalahan 5% dengan dk=87. Jadi thitung > ttabelÃÂ yang berartiÃÂ adaÃÂ perbedaanÃÂ yangÃÂ signifi kanÃÂ yaituÃÂ nilaiÃÂ rata-rataÃÂ kelompokÃÂ eksperimenÃÂ lebih besar daripada kelompok kontrol. Pengaruh positif yang diberikan oleh penggunaan model pembelajaran NHT mungkinÃÂ disebabkanÃÂ adanyaÃÂ variasiÃÂ pembelajaranÃÂ sehinggaÃÂ dapat menimbulkan ketertarikan, minat dan motivasi pada siswa. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar kimia hidrokarbon.ÃÂ Kata Kunci: model pembelajaran numbered heads together
Copyrights © 2008