PenelitianÃÂ iniÃÂ dilatarbelakangiÃÂ ÃÂ ÃÂ olehÃÂ rendahnyaÃÂ prestasiÃÂ belajar mahasiswaÃÂ pada mataÃÂ kuliah Kimia DasarÃÂ I. Mahasiswa belum dapat belajarÃÂ secara mandiri dan proses pembelajarannyaÃÂ belumÃÂ dapat mengaktifkan mahasiswa. PenelitianÃÂ dilakukanÃÂ dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri atasÃÂ perencanaan,ÃÂ pelaksanaanÃÂ tindakan,ÃÂ observasiÃÂ danÃÂ refl eksi,ÃÂ dataÃÂ yangÃÂ diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif.. Responden adalah mahasiswa program studi KimiaÃÂ semester 1 yang aktif mengikuti mata kuliah Kimia Dasar I.indikator keberhasilan yang akan dicapai adalah minimum 85% mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini dapat lulus dan batas nilai ketuntasanÃÂ mahasiswa adalah lebih besar dari 70. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan metode pendekatan Modifi cation of Reciprocal Teaching (MODERAT) dapat meningkatkan hasil belajar matakuliah Kimia Dasar I pada mahasiswa Jurusan kimia semester 1 Tahun akademik 2008/2009.ÃÂ Kata Kunci: hasil belajar, modifi cation of reciprocal teaching
Copyrights © 2009