Telahà dilakukanà penelitianà tindakanà kelasà denganà tujuan meningkatkanà aktivitas danà hasilà belajarà kognitifà siswaà kelas XI-IPA SMA Masehià 1 PSAK Semarang melalui pemberian umpan balik berdasarkan hasil tes formatif terstruktur. Pemberian umpan yang dilakukanà guruà diharapkanà dapat memfasilitasià siswaà lebihà aktifà danà berprestasià tinggi.Penelitian ini terlaksana dalam tiga siklus kegiatan. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaituà perencanaan,à tindakan,à observasi,à danà refl eksi. Tindakanà dilakukanà berdasarkan perencanaanà sebagaià aplikasià atauà penerapanà isià rancanganà tindakan.à Fokusà dalam penelitianà inià adalahà pemberianà umpanà balikà berdasarkanà hasilà tesà formatifà terstruktur. Observasi dilaksanakan oleh peneliti dan guru kolaborasi untuk mendapatkan data aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya kenaikan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal. Nilai persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 61,90%, siklus II sebesar 83,33%, serta pada siklus III sebesar 90,47%, sedangkan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 61,90%, siklus II sebesar 71,42%, dan siklus III sebesar 80,95%. Berdasarkan data nilai persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal dapat disimpulkan bahwa pemberian umpan balik berdasarkan hasil tes formatif terstruktur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.àKata Kunci: umpan balik, hasil belajar kognitif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2009