MateriÃÂ perkuliahanÃÂ KimiaÃÂ KoloidÃÂ merupakanÃÂ matakuliahÃÂ yangÃÂ kurangÃÂ disenangi, oleh karena itu perlu pembelajaran yang menarik serta memupuk daya kreasi dan inovasi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia dan life skill mahasiswa dengan menggunakan bahan ajar yangÃÂ berorientasi CEP. Penelitian iniÃÂ merupakanÃÂ penelitian pengembangan tyangÃÂ terdiriÃÂ dariÃÂ tigaÃÂ tahap. TiapÃÂ tahapÃÂ terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refl eksi. Subyek penelitianÃÂ ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia UNNES semester kedua. Fokus yang diteliti dalam penelitianÃÂ iniÃÂ adalahÃÂ hasilÃÂ belajarÃÂ danÃÂ pengembanganÃÂ lifeÃÂ skill mahasiswa. DataÃÂ yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui peningkatanÃÂ hasilÃÂ belajarÃÂ danÃÂ pengembanganÃÂ lifeÃÂ skill mahasiswa. BerdasarkanÃÂ hasil penelitian, ketuntasan belajar klasikal meningkat dariÃÂ tahap I (43%), tahap II (50%), dan tahap III (86%). Rata-rata skor life skill mahasiswa siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 38%, 55%; dan 63%.. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan life skill mahasiswa dapat meningkat melalui penerapan bahan ajar berorientasi CEP.ÃÂ Kata kunci: bahan ajar, chemo-entrepreneurship, life skill
Copyrights © 2010