Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara metode Contextual Teaching and Learning dan Motivasi terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian semua siswa kelas V SDIT Adzkia Padang. Sampel penelitian siswa kelas V Thoif 1 dan kelas V Thoif 2. Teknik pengambilan sampel acak sederhana. Data penelitian diperoleh dari angket motivasi dan pemahaman konsep. Data dianalisis dengan Anava dua arah untuk pengujian hipotesis terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran CTL dan motivasi belajar dalam mempengaruhi pemahaman konsep IPA siswa. Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi pemahaman konsep belajar IPA siswa. Berarti efek utama faktor metode pembelajaran masing-masing berjalan secara dependen dalam mempengaruhi pemahaman konsep atau tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kategori motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Hal ini berarti, masing-masing faktor (metode pembelajaran dan motivasi tidak saling ketergantungan dan tidak mempengaruhi )
Copyrights © 2019