Tujuan penelitian àini adalah untuk mengetahui kontribusi minat kerja dan kemampuan akademis baikàsecara àparsial maupun àsecara àsimultan àterhadap àkesiapan àkerja àsiswa àteknik mekanik àotomotif. Populasi àdalamàpenelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik mekanik otomotif SMK Negeri 5 Semarang dengan jumlah siswaàsebanyak à70 àorang. àPenelitian àini àmerupakan àpenelitian àpopulasi àyaitu àpenelitian àyang àsampelnya àmerupakanàseluruh àanggota àdari àpopulasi àyang àada. àVariabel àyang àditeliti àdalam àpenelitian àini àadalah àminat àkerja àdanàkemampuan àakademis àsebagai àvariabel àbebas, àsedangkan àkesiapan àkerja àsebagai àvariabel àterikat. àData àdiambilàdengan àteknik dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan analisis àregresi ganda. Berdasarkan hasil analisisàdata àdiperoleh àpersamaan àregresi àganda àyaitu àÃ
¶ à= à0,563 àX1 à+ à1,046 àX2 àââ¬Â à47,661 àyang àdiuji àkeberartiannyaàmenggunakan uji parsial dan uji simultan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ada kontribusi positif minat kerjaàterhadap àkesiapan àkerja àsiswa àkelas XI àjurusan àteknik mekanik àotomotif àSMK Negeri 5 àSemarang àsecara parsialàmaupun simultan. Besarnya kontribusi minat kerja terhadap kesiapan kerja sebesar 29,3%, kontribusi kemampuanàakademis terhadap kesiapan kerja sebesar 20,40% dan secara bersamaââ¬Âsama sebesar 48,7%.ààKatakunci: Minat Kerja, Kemampuan Akademis, Kesiapan KerjaàThe objective of this research is to identify the contribution of interest to work and academic ability bothàpartially and simultaneously toward readiness of Automotive Mechanical Engineering students to work. The popuââ¬Âlation of the research was 70 eleventh graders of this program at SMK Negeri 5 Semarang. The research type wasàpopulation research whose sample was all members of the existing population. Analyzed variables were interest toàwork and academic ability as free variables, while readiness to work was bound variable. Data was obtained usingàdocumentation and questionnaire. àIt was àthen analyzed using double regressive analysis. According àthe result ofàdata analysis, there was double regressive equation. It was Ã
¶ = 0,563 X1 + 1,046 X2 ââ¬Â 47,661 in which its meaningââ¬Âfulness applied partial and simultaneous test. According to the result of research, there was positive contribution ofàinterest to work toward readiness of eleventh graders of Automotive Mechanical Engineering program at SMK Neââ¬Âgeri 5 Semarang to work partially or simultaneously. The contribution amount of interest to work toward readinessàto work was 29,3%, the contribution amount of academic ability toward readiness to work was 20,40%, and at theàsame time was 48,7%.Keywords: interest to work, academic ability, readiness to work
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2010