Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Vol 1, No 3 (2013): ARTICLE

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEPAKBOLA

Giri Priangga, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2013

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing control sepakbola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Gerokgak, yang berjumlah 38 siswa, 19 siswa putra dan 19 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing control sepakbola sebesar 8,7 dan pada siklus II sebesar 9,5. Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,8. Persentase hasil belajar passing control sepakbola pada siklus I sebesar 77% dan pada siklus II sebesar 80%. Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 3%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing control meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013.   Abstract: This study aims to improve the activity and results passing control learning basic techniques in football X.4 grade students of SMA Negeri 2 Gerokgak school year 2012/2013 ". This study classified as class action research conducted in two cycles. Each cycle consists of an action plan, action, observation/evaluation, and reflection. The subject of research is the X.4 grade students of SMA Negeri 2 Gerokgak, amounting to 38 people, consisting of the 19 boys and girls 19 students. Data were analyzed using statistical data analysis deskriptif. Hasil activity cycle I learned of football in the passing control at 8,7 and on the second cycle of 9,5. From cycle I to cycle II has increased by 0,8. Percentage yield learning of football passing control in the first cycle of 77% and on the second cycle of 80%. From cycle I to cycle II an increase of 3%. Based on the data analysis and discussion, it is concluded that the activity and the results of learning of football improved passing control through the implementation of cooperative learning type STAD the X.4 grade students of SMA Negeri 2 Gerokgak school year 2012/2013.   Kata-kata kunci: Model STAD, aktivitas, hasil belajar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Health Professions

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...