cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
ISSN : 25992597     EISSN : 25992589     DOI : -
Core Subject : Health, Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran Olahraga. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan Olahraga bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 3 kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 1,393 Documents
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEPAKBOLA Giri Priangga, I Made
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 1, No 3 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i3.1296

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing control sepakbola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Gerokgak, yang berjumlah 38 siswa, 19 siswa putra dan 19 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing control sepakbola sebesar 8,7 dan pada siklus II sebesar 9,5. Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,8. Persentase hasil belajar passing control sepakbola pada siklus I sebesar 77% dan pada siklus II sebesar 80%. Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 3%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing control meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013.   Abstract: This study aims to improve the activity and results passing control learning basic techniques in football X.4 grade students of SMA Negeri 2 Gerokgak school year 2012/2013 ". This study classified as class action research conducted in two cycles. Each cycle consists of an action plan, action, observation/evaluation, and reflection. The subject of research is the X.4 grade students of SMA Negeri 2 Gerokgak, amounting to 38 people, consisting of the 19 boys and girls 19 students. Data were analyzed using statistical data analysis deskriptif. Hasil activity cycle I learned of football in the passing control at 8,7 and on the second cycle of 9,5. From cycle I to cycle II has increased by 0,8. Percentage yield learning of football passing control in the first cycle of 77% and on the second cycle of 80%. From cycle I to cycle II an increase of 3%. Based on the data analysis and discussion, it is concluded that the activity and the results of learning of football improved passing control through the implementation of cooperative learning type STAD the X.4 grade students of SMA Negeri 2 Gerokgak school year 2012/2013.   Kata-kata kunci: Model STAD, aktivitas, hasil belajar.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA ., Pande Kadek Surya Jaya Priadi; ., Prof. Dr. I Wayan Rai, MS; ., Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd.,M.Pd
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v5i2.11281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi ke dalam empat kelas. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,28 sedangkan pada kelompok kontrol 0,10. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples T Test angka signifikansi yang diperoleh adalah 0,000
IMPLEMENTASI KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET ., I Wayan Edi Mahendra; ., I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or; ., dr. I Made Kusuma Wijaya, S.Ked.
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v4i2.7599

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passsing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas X.1 SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 Kesehatan Vidya Usadha Singaraja, berjumlah 30 orang dengan rincian 3 siswa putra dan 27 siswa putri. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata aktivitas passing bola basket secara klasikal pada siklus I sebesar 6,33 (cukup aktif) dan meningkat pada siklus II menjadi 77 (aktif). Sedangkan analisis data hasil belajar passing bola basket pada siklus I sebesar 43,4%(tidak tuntas) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,3%(tuntas). Hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaraan kooperatif tipe GI pada siswa kelas X.1 SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajan kooperatif tipe GI karena terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Kata Kunci : GI, aktivitas, hasil belajar, passing bola basket This research was intended to improve learning activity and learning outcomes of basketball passing basic technique through the implementation of cooperative learning model GI type on students of class X.1 SMA SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja in academic year 2015/2016. This study was action research whichwas the teacher as the researher. This research was done in two cycles.this research subject was 30 students off class X.1 SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja. Consisted of 3 male students and 27 female students. Data was analyzed using descriptive statistics. Based the result of the study, it was found the average score of learning activity of basketball on the cycle I clasically was 6,33 (active) and improved on the cycle II to be 77 (active). While the result of learning outcomes on cycle I was 43,3%(enough good) and improved on the cycle II to be 93,3%(very good). The result of data analysis and discussion was concluded that learning activity and learning outcomes of basketball passing basic technique improved throughthe implementation of cooperative learning model GI type on students of class X.1 SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja in academic year 2015/2016. It was suggested to penjasorkes teacher to implement cooperative learning model GI type. Because it has proven effective ti improved the students learning activity and learning outcomes. keyword : GI, learning activity, learning outcomes, basketball passing
PENERAPAN KOOPERATIF GI MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING BOLA VOLI ., I Komang Debi Purnomo; ., Prof. Dr. I Wayan Rai, MS; ., dr. Putu Adi Saputra, S.Ked.
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 2, No 1 (2014):
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v2i1.2372

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli (passing atas dan passing bawah) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas. Hasil analisis data yang diperoleh adalah untuk presentase aktivitas belajar teknik dasar passing bola voli pada observasi awal siswa yang aktif sebanyak 7 siswa (33,2%) pada siklus I 10 siswa (47,61%) kemudian pada siklus II menjadi 21 siswa (100%) (sudah aktif). Sehingga aktivitas belajar meningkat dari observasi awal sampai siklus II. Sedangkan presentase hasil belajar passing bola voli pada observasi awal hanya 2 siswa (9,52%) yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas 10 siswa (47,61%), kemudian pada siklus II siswa yang tuntas 21 siswa (100%). Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Diasarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI, karena sudah terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata Kunci : kooperatif tipe GI, aktivitas belajar, hasil belajar, teknik dasar passing bola voli. This research aims to improve the activity and result of learning a basic techniques of ball passing in volleyball (up passing and under passing) that aplied through a method of cooperative group learning investigation (GI) in SMA Negeri 1 Sukasada grade X.1. This is classified as action research. The result of this analysis is the percentage of the activity in basic techniquesof volleyball passing on an observations of active students were 7 students (33,2%), in l cycle were 10 students (47,61%) and then in the second cycle were already active 21 students 21 students (100%). So it shown the learning activity increased from the beginning to the second cycle observations. While the percentage of learning outcomes passing volleyball on preliminary observations only 2 students (9,52%) were completed, the students who complete the first cycle were 10 students (47,61%) and then in the second cycle, 21 students (100%) were completed. Based on that data analysis and discussion, it can be concluded that the activityas well as outcomes of students class GI X.1 SMA Negeri 1 Sukasada (2013/2014) increased furthermore through the implementation of cooperative learning model GI type. It is suggested to penjasorkes teacher to use cooperative models GI, because it has proven effective for improving the activity and student learning outcomes. keyword : cooperative tipe GI, learning activities, learning outcomes, the basic techniques of passing volleyball.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET ., Komang Ayu Krisna Dewi; ., I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or.; ., I Gede Suwiwa, S.Pd., M.Pd.
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v5i2.14806

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa kelas viii SMP Katolik Santo Paulus tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian eksperimen menggunakan rancangan the non-randomized pretest-posttest control group design. Jenis penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperimen). Populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Katolik Santo Paulus tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah keseluruhan 36. Sampel mengunakan Total Sampling, diperoleh kelas VIII 1 yang berjumlah 18 siswa menjadi kelompok eksperimen dan kelas VIII 2 yang berjumlah 18 siswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali perlakuan di luar pretest dan posttest. Data hasil belajar dikumpulkan dengan cara tes obyektif dan unjuk kerja siswa. Metode pengumpulan data berupa nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan kemudian dianalisis mengguakan program SPSS 16.0 for Winadows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,6211 dengan standar deviasi 0,13141 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0,4061 dengan standar deviasi 0,08339. Signifikan tes normalitas menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov, pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 0,200 dan 0,200. Tes signifikan homogenitas menggunakan tes Levene's Test for Equality of Variances terdapat 0,227. Angka signifikan yang diperoleh melalui uji t (t-test) adalah p=0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket. Disaran kepada guru Penjasorkes agar menerapkan model pembelajaran NHT karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Kata-kata kunci: kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) hasil belajar passing bola basket This study aims to determine the effect of cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) on the learning outcomes of basic techniques of basketball passing on students of class VIII SMP Katolik Santo Paulus in the academic year 2017/2018. The experimental study used the non-randomized pretest-posttest control group design. This type of research is a quasi-research (quasi experiment). The population is all students of class VIII SMP Catholic Saint Paul in the academic year 2017/2018 with total 36. Samples used Total Sampling, obtained class VIII 1 which amounted to 18 students into experimental group and class VIII 2 which amounted to 18 students as a control group. This study was conducted with two treatments outside the pretest and posttest. Learning result data is collected by objective test and student performance. Methods of data collection in the form of attitude, knowledge and skill values then analyzed using SPSS 16.0 for Winadows. In the experimental group obtained an average value of 0.6211 with a standard deviation of 0.13141 while in the control group obtained an average value of 0.4061 with a standard deviation of 0.08339. Significant tests of normality using the Kolmogorov-Smirnov Test, in the experimental group and the control group were 0.200 and 0.200. A significant test of homogeneity using Levene's Test for Equality of Variances was 0.227. The significant number obtained through t test (t-test) is p = 0,000. So it can be concluded that the NHT learning model has a significant effect on the learning outcomes of basic techniques of basketball passing. Suggestion to Penjasorkes teachers to apply NHT learning model because it proved to have a significant effect on the improvement of students learning outcomes.keyword : aims to determine the effect of cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) on the learning outcomes of basic techniques of basketball passing on students of class VIII SMP Katolik Santo Paulus in the academic year 2017/2018. The experimental study used the non-randomized pretest-posttest control group design. This type of research is a quasi-research (quasi experiment). The population is all students of class VIII SMP Catholic Saint Paul in the academic year 2017/2018 with total 36. Samples used Total Sampling, obtained class VIII 1 which amounted to 18 students into experimental group and class VIII 2 which amounted to 18 students as a control group. This study was conducted with two treatments outside the pretest and posttest. Learning result data is collected by objective test and student performance. Methods of data collection in the form of attitude, knowledge and skill values then analyzed using SPSS 16.0 for Winadows. In the experimental group obtained an average value of 0.6211 with a st
IMPLEMENTASI KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI Sugita Ardita, I Wayan
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 1, No 3 (2013): ARTICLE
Publisher : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing (bawah dan atas) bola voli, melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Blahbatuh tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus berjumlah 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Blahbatuh tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 siswa, yaitu 21 siswa putra dan 19 siswa putri. Data aktivitas dan hasil belajar dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 6,8 kategori cukup aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 42,5% katagori sangat kurang. Sedangkan Pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 7,4 kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 97,5% katagori sangat baik. Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (bawah dan atas) bola voli pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Blahbatuh tahun pelajaran 2012/2013 meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Disarankan kepada guru penjasorkes, untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.   Abstract: The main concerns of this study were: to improve the activities and the result of the students? learning in volleyball especially in passing (upper and lower), trough the implementation of cooperative learning think pair share in the students of grade VIII A SMP Negeri 2 Blahbatuh in the academic years of 2012/2013.  The study itself utilized classroom based action research in two cycles, in every cycles there will be twice meeting. The subjects of the study were the students of grade VIII A SMP Negeri 2 Blahbatuh in the academic years of 2012/2013. The total numbers of the students were 40 students which was consist of 21 males and 19 females.  Then, the data gathered were analyzed by descriptive statistical analysis. The results of the descriptive statistical analysis in cycle I showed that the students? activities in learning was score was 6.8, which was categorized as sufficient active, and the result of the students? learning in classical was 42,5% which was categorized as low score. Meanwhile, in cycle II, the students? activities in learning was score was 7.4, which was categorized as sufficient active, and the result of the students? learning in classical was 97,5% which was categorized as excellent.   From the finding and discussion, it can be conclude that the activities and the result of students? learning in volleyball especially in basic of passing (upper and lower) of the studnets in grade VIII A SMP Negeri 2 Blahbatuh in the academic years of 2012/2013 was improving trough the implementation of  cooperative learning think pair share strategy. It was suggested to penjaskesorkes teacher to implement this cooperative learning think pair share strategy to improve the activities and the result of students? learning in volleyball especially in the basic technic of passing. Kata-kata kunci: Model pembelajaran TPS, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola       voli.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA ., I Md Trijatmika Y l; ., I Putu Darmayasa, S.Pd, M.For; ., dr. Ni Made Sri Dewi Lestari, S.Ked.
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar teknik dasar passing (menggunakan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest post-test control group the same subject design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 14. Pengambilan sampel kelompok eksperimen terpilih kelas VII C dan kelompok kontrol terpilih kelas G dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dilakukan melalui pretest dan posttest. analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest 75,82. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest 71,37. Angka signifikan yang diproleh melalui uji normalitas adalah 0,19, uji homogenitas adalah 0,429, uji-t adalah p = 0,000 dan nilai statistik thitung = 0,161 > ttabel = 0,60 dengan derajat kebebasan 49. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepakbola pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2016/2017. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS karena terbukti berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, TPS, hasil belajar, passing sepakbola This study aims to determine the influence of cooperative learning model type Think Pair Share (TPS) on the learning outcomes of basic passing techniques (using inner legs and outer legs) of football. This study is a real experimental study using the randomized pretest post-test control group design of the same subject design. The population of the study were the students of class VII of SMP Negeri 1 Banjar in the academic year 2017/2018 amounted to 14. The sampling of the selected experimental group class VII C and the control group selected by class G was done by simple random sampling. Learning result data is done through pretest and posttest. Data analysis using t-Test with the help of SPSS 16.0 for Windows. In the experimental group obtained an average posttest value of 75.82. While in the control group obtained an average value of posttest 71.37. The significant number obtained through the normality test is 0.19, the homogeneity test is 0.429, the t-test is p = 0,000 and the statistical value is t = 0.161> ttable = 0.60 with the degrees of freedom 49. It is concluded that there is a significant influence between the learning model Cooperative type of TPS on the learning outcomes of basic techniques of football passing on students of class VII C SMP Negeri 1 Banjar academic year 2016/2017. Thus suggested to PJOK teachers can apply cooperative learning model of TPS type because it proved to have a very significant effect on the improvement of student learning outcomes.keyword : Cooperative learning, TPS, learning outcomes, football passing
MODEL KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING VOLI Sentana Putra, I Ketut Koyik
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

I Ketut Koyik Sentana Putra PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: koyiksentanaputra@gmai.com   Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas  VII A SMP  Negeri 1 Tegallalang yang berjumlah 38 orang terdiri dari 17 orang siswa putra dan 21 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian analisis aktivitas belajar teknik passing bola voli mengalami peningkatan sebesar 0,15 dari 7,51 pada siklus I menjadi 7,66 pada siklus II yang dimana tergolong kategori aktif. Sedangkan untuk hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 5,26% dari 81,58% pada siklus I menjadi 86,84% pada siklus II yang dimana tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli (passing bawah dan passing atas) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tegallalang tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola voli.Kata-kata Kunci:         Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, teknik dasar passing bola voli.  
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING CONTROL SEPAKBOLA ., I Dewa Nyoman Arimbawa; ., Drs. I Made Danu Budhiarta,M Pd.; ., Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd.,M.Pd
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang, terdiri dari 15 orang putra dan 15 orang putri, yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data aktivitas belajar pada observasi awal siswa aktif 4 orang (13,3%), setelah diberikan tindakan pada siklus I, siswa aktif meningkat menjadi 13 orang (43,33%), setelah pemberian tindakan pada siklus II, siswa aktif meningkat menjadi 28 orang (93,3%). Sedangkan berdasarkan analisis data hasil belajar siklus I pada aspek sikap siswa tuntas 13 orang (43,33%), pada aspek pengetahuan siswa tuntas 20 orang (66,7%), dan pada aspek keterampilan siswa tuntas 16 orang (53,3%). Sedangkan siklus II pada aspek sikap siswa tuntas 30 orang (100%), aspek pengetahuan siswa tuntas 30 orang (100%), dan aspek keterampilan siswa tuntas 28 orang (93,3%). Berdasarkan hasil analisis data, simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru penjasorkes agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola siswa. Kata Kunci : Kooperatif, aktivitas, hasil belajar, sepak bola. This study aims to improve the activity and results ofthe basic techniques? learningof football?s passing controlthrough the implementation of cooperative learning model STAD at grade VIII of SMP Negeri 1 Banjar in academic year 2015/2016. This research is classified as a class action research which was the teacher as researcher and it was conducted in two cycles that each cycle consisting of two meetings. The subjects were 30 students, consisting of 15 male and 15 female, were analyzed using descriptive statistical analysis. Based on the first observation, the analysis of students? activity show that there was 4 (13.3%) students actively, after being given the action on the first cycle, the students who being actively was increased to 13 (43.33%)students, then on the second cycle, there was 28 (93.3%)students became actively. Whereas, based on the data analysis of students? attitude outcomes in the first cycle show that there was passed by 13 (43.33%) students only, in the ability of students? knowledge was completed by 20 (66.7%) students, and there was 16 (53.3%) students who got completelyin the aspect of skill. While in the second cycle show that in the aspect of attitudes there was all of students got completely, that was30 (100%), then in the aspects of knowledge students who got completely became 30 (100%) students, and in the aspects of skills there was 28 (93.3%) students who got completely. Based on the result of the data analysis, it can be concluded that the result of the basic techniques? learning of football?s passing controlwas increased by the implementation of cooperative learning model STAD at grade VIII of SMP Negeri 1 Banjar in academic year 2015/2016. So that, it is recommended to the Penjasorkes?teachers in order to implement the cooperative learning model STAD because it can be increasing the activity and results of students? learning in basic techniques of football?s passing control. keyword : Cooperative, activities, learning outcomes, football.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET ., Ketut Gede Suartha Jaya Dana Sadu; ., Drs. I Made Danu Budhiarta,M Pd.; ., I Ketut Semarayasa, S.Pd., M.Or.
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 2, No 1 (2014):
Publisher : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 3 Sawan, berjumlah 27 orang dengan rincian 15 putra dan 12 putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket secara klasikal sebesar 5,7 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I aktivitas belajar meningkat sebesar 0,7 menjadi 6,4 (cukup aktif) dan meningkat sebesar 2,11 menjadi 8,51 (aktif) pada siklus II. Analisis data hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada observasi awal sebesar 11,1%, setelah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat sebesar 25,9 menjadi 37% dan meningkat sebesar 55,6 menjadi 92,6% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2013/2014. Disarankan kepada guru penjasorkes menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena terbukti efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata Kunci : STAD, aktivitas, hasil belajar, basket. This study aimed at improving activities and learning result of basketball passing basic technique throught the implementation of cooperative learning style tipe STAD. This study is a classroom action research was done in two cycles, consisting of action plan, treatment, observation or evaluation and reflection. The subject of the study was VIII A2 students of SMP Negeri 3 Sawan consisting of 27 students, 15 male and 12 female. Data was analyzed through using descriptive statistic analysis. The result of analysis data of the pre-observation of basketball passing basic technique learning activities classically was 5,7 (active enough), after getting the treatment in the first cycle, learning activities was increase to 0,7 become 6,4 (avtive enough) and was increase to 2,11 become 8,51 (active) in the second cycle. The data analysis result of basketball passing basic technique learning activities in the pre-observation was 11,1%, after geting treatment in the first cycle increase to 25,9 become 37% and increase to 55,6 become 92,6% in the second cycle. Based on the data analysis result and the discussion, can be concluded that activities and learning result of basketball passing basic technique improved through the implementation of cooperative learning style type STAD at VIII A2 students of SMP Negeri 3 Sawan in academic year 2013/2014. Penjasorkes teachers were recommended to implement cooperative learning style STAD, because it has been proven in increasing activities and learning result of the student.keyword : STAD, activities, learning result, basketball.

Page 1 of 140 | Total Record : 1393