Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media gambar terhadap hasil belajar teknik dasar passing (menggunakan kaki bagian dalam) sepak bola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 125 orang yang terdistribusi ke dalam lima kelas. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes unjuk kerja (psikomotor). Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang di laksanakan di SMP Negeri 7 Singaraja ditemukan bahwa terdapat pengaruh penerapan hasil belajar teknik dasar passsing sepak bola antara siswa yang diberi perlakuan model tipe STAD dengan siswa yang diberi perlakuan konvensional. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah 0.012 yaitu kurang dari 0.05 sehingga pengaruhnya sangat signifikan (sig
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017