Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepak bola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhan (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI bahasa SMA Karya Wisata Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 70 orang yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas XI bahasa 2 dan XI bahasa 4,. Pengundian kelompok dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih XI bahasa 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI bahasa 4 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah 0,000
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017