Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X-TIPTL 3, SMKN 3 SINGARAJA

Fiktoyana, I Nyoman Haris (Unknown)
Arsa, Putu Suka (Unknown)
Adiarta, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Project Based Learning mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa yang keseluruhan berjenis kelamin laki-laki. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan empat tahap, antara lain: tahap perencanaan awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi dan refleksi. Adapun hasil penelitian ini adalah: terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dari 67,20 pada refleksi awal menjadi 74,27 pada siklus I (terjadi peningkatan sebesar 10,07), dan meningkat menjadi 79,22 pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 4,95 dari hasil siklus I). Selain itu, juga terjadi peningkatan ketuntasan klasikal, dari 26,47% (9 orang dari 34 siswa) pada refleksi awal menjadi 44,11% (22 orang dari 34 siswa) pada siklus I (terjadi peningkatan sebesar 17,64%) dan meningkat  menjadi 97.06% (33 orang dari 34 siswa) pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 52.95%). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja.

Copyrights © 2018