Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BB2

Antara, Gede Bawa (Unknown)
Arsa, Putu Suka (Unknown)
Adiarta, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk: 1) meningkatkan nilai pengetahuan dan nilai praktik keterampilan siswa, 2) pengimplemetasian ilmu penegtahuan terhadap teknologi yang berkembang di masyarakat. Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa kela X BB2 SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil pengetahuan siswa di proleh dari tes ujian pilihan ganda di akhir masing-masing siklus dan data hasil pratik keterampilan diproleh dari praktikum siswa pada masing-masing siklus. Hasil analisa menunjukkan: 1) terjadi peningkatan nilai rata-rata nilai pengetahuan siswa yaitu dari 62,03 dengan ketuntasan 48,8% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 82,38 dengan ketuntasan 96,77%. 2) terjadi peningkatan nilai rata-rata praktik keterampilan siswa yaitu dari 48,1 den gan ketuntasan 0% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 83,32 dengan ketuntasan 96,77%.

Copyrights © 2019