Penbios: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains
Vol 3 No 01 (2018): PENBIOS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Vol. 3, No. 1, Mei 2018 pISSN 2541

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY (LS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII

Nurmiati Nurmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar siswa dan tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 7,2%. Peningkatan hasil belajar siswa juga terlihat yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 76,49, dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88.88%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bios

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (PENBIOS) is a journal which is managed by the Biology Education Study Program at the University Nadhlatul Wathan (UNW) Mataram receiving and publishing article in the form of research (scientific ...