Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status kebugaran jasmani siswa putri kelas VIII SMP N 3 Depok Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa putri kelas VIII SMP N 3 Depok Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Total sampel sebanyak 63 siswa putri. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) umur 13-15 tahun untuk putri (validitas= 0.923, reliabilitas= 0.804). Analisis data menggunakan software Microsoft Excel 2010 dan IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status kebugaran jasmani siswa yaitu: 1 siswa (1,58%) kategori baik sekali, 2 siswa (3,19%) baik, 27 siswa (42,86%) sedang, 32 siswa (50,76%) kurang dan 1 siswa (1,58%) kurang sekali. Hasil tersebut mengindikasikan perlunya rancangan program aktivitas jasmani khusus dan rekayasa pembelajaran pendidikan jasmani guna meningkatkan status kebugaran jasmani siswa.
Copyrights © 2017